SMBC Indonesia Beberkan Kunci Sukses Transformasi Digital


Jakarta – Kesuksesan perbankan dalam melakukan transformasi digital tidak hanya dalam kesiapan teknologi, namun juga diperlukan sumber daya hingga infrastruktur yang memadai.

Demikian dikatakan Head of Information Technology PT Bank SMBC Indonesia, Jeny Mustopha dalam Infobank Banking Connect 2025: Shaping Banking With Next Gen Technology, di Jakarta, Selasa, 25 Februari 2025.

Jeny menjelaskan, teknologi di perbankan harus diikuti bersamaan dengan kebutuhan hingga fokus bisnis perbankan itu sendiri. Pasalnya, digitalisasi perbankan harus diiringi dengan kebutuhan nasabah.

Baca juga: Teknologi Informasi, Kunci Efisiensi dan Inovasi di Dunia Perbankan

“Selain teknologi adalah resource-nya sendiri. Jadi menurut saya, tim resources yang ada di perbankan tersebut, apakah siap untuk mendukung transformasi ataupun core system apapun yang akan dipakai oleh bank tersebut,” kata Jeny.

Lebih lanjut, kata Jeny, ketahanan dan keamanan terhadap serangan siber juga perlu diperhatikan, serta kesiapan perbankan dalam memenuhi aturan dari regulator.

“Karena regulator, kita harus selalu siap untuk apakah core system kita itu sudah cukup dalam memberikan informasi maupun ketangguhan dalam melakukan bisnis perbankan,” imbuhnya.

Baca juga: SMBC Indonesia Targetkan Pertumbuhan Kredit Tahun Ini Mencapai 9 Persen

Jeny menjelaskan bahwa SMBC Indonesia menjadi pionir bank di Indonesia yang sudah go digital dengan produk Jenius pada 2016. Jenius merupakan produk yang menggabungkan platform IT dan bisnis.

“Kami juga punya produk setelah Jenius, kami punya touch base untuk SME, jadi kita sudah sampai tahap 3, kita sudah launching touch base, dan kami juga masuk ke Jenius Daya. Daya itu untuk para pensiunan, yang pasti beda dengan Jenius, kami sesuaikan dengan customer,” ungkapnya. (*)

Editor: Galih Pratama



Source link

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top